Senin, 28 Mei 2012

PLUGIN DI WORDPRESS

Apa yang dimaksud plugin???
plugin adalah sebuah program tambahan yang bisa di integrasikan dengan cms situs web kita yang memiliki fungsi – fungsi lain yang belum ada pada cms kita.

Sebagai contoh plugin yang ada pada cms wordpress adalah :

1. Akismet
Plugin ini merupakan bawaan wordpress, tetapi untuk mengaktifkannya membutuhkan key (kunci) yang bisa didapatkan secara gratis dengan registrasi terlebih dahulu ( bisa dilihat di menu Akismet Configuration).

Akismet sangat bermanfaat untuk menfilter komentar-komentar yang hanya berupa spam, iklan dan sebagainya. Hasil filternya terbilang sangat bagus, walau kadang ada beberapa spam yang tidak terfilter.

2. Google sitemaps
Plugin ini berfungsi untuk menghasilkan XML-sitemap dari blog kita, format ini didukung Ask.com, Google, YAHOO dan MSN Search. Dengan sitemap ini sangat membantu mesin pencari seperti google tersebut untuk mengindex blog kita.

3. Advanced admin menus
Jika anda sering masuk ke halaman admin panel dan sering mengakses menu-menu yang ada, mungkin akan menyita waktu ketika harus sering berpindah antar sub menu. Apalagi dengan koneksi yang seadanya,  Dengan plugins ini, maka menu admin wordpress menjadi menu drop down, sangat menyingkat waktu akses.

4.      M-vSlider
Plugin ini memiliki fungsi untuk menambah galeri foto, postingan dan video yang memungkinkan kita untuk lebih mudah untuk mencarinya dan membuat tampilan wordpress lebih bagus.

5. Customizable Post Listing
Plugin ini berfungsi untuk menampilkan daftar artikel berdasarkan kriteria tertentu.
Misal:
- Z artikel terbaru.
- Z artikel dalam kategori tertentu.
Yang berguna untuk memperkuat SEO (inner-page deep linking).

6. bStat
berfungsi untuk menangkap query yang digunakan oleh pengunjung untuk sampai ke artikel blog kita, memperkuat SEO, memakai resource database yang besar sehingga di butuhkan server yang cukup kuat.

7.CA-Title
berfungsi untuk membuat judul halaman sesuai dengan format yg kita inginkan, masing-masing jenis halaman (post, page, kategori, dll) dapat memiliki format yg berbeda-beda, plugin ini juga mendukung UTW dan dapat menampilkan tag-tag UTW pada halaman Tag archive.

8.Login Lockdown
Plugin ini berfungsi mengidentifikasi seseorang yang login ke blog anda melalui IP address. Plugin ini akan mencatat alamat IP dan timestamp dari setiap usaha login gagal. 

Jika terdeteksi usaha untuk login beberapa kali dalam waktu singkat dari range IP yang sama, maka fungsi login akan dinonaktifkan untuk semua permintaan dari rentang IP tersebut.

9. AskApache Password Protect
Plug-in ini dapat meningkatkan otentikasi HTTP ketika anda mengakses browser yang sesuai seperti HTTP. Ada dua pilihan yang dipilih untuk memberikan perlindungan password yang lebih baik ke account WP anda.

10. All-in-one SEO Pack
Plugin All-in-one SEO Pack berfungsi untuk menampilkan judul halaman yang SEO friendly, menambahkan meta tag Description dan Keywords secara otomatis dan menghindari penyamaan content.




Tidak ada komentar:

Posting Komentar